Kodim Deiyai Gelar Turnamen Voli dan Dapur Umum Meriahkan HUT Kodam Cenderawasih

by -163 views

Asisten III bersama Dandim Deiyai I Wayan Dedi Suryanto saat menutup turnamen dan dapur umum di halaman kantor Keuangan Kabupaten Deiyai, Papua Tengah, Jumat (10/5). Foto: Istimewa

WAGHETE – Komando Distrik Militer (Kodim) 1703/Deiyai selama Senin-Jumat (6-10/5) menggelar turnamen bola voli dan pelayanan dapur umum bagi masyarakat di halaman kantor Keuangan Kabupaten Deiyai, Jalan TigiDoo, Kampung Waghete II, Distrik Tigi, Provinsi Papua Tengah.

Komandan Kodim Deiyai Letkol Inf I Wayan Dedi Suryanto, SE mengatakan, turnamen dan dapur umum digelar dalam rangkaian ikut memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 Komando Daerah Militer (Kodam) XVII/Cenderawasih tahun 2024. Turnamen melibatkan 20 tim baik dari Kabupaten Deiyai dan Paniai, wilayah binaan Kodim Deiyai.

“Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas partisipasi, keterlibatan seluruh peserta turnamen dan dapur umum sehingga dua kegiatan tersebut berlangsung sukses, aman, dan damai sehingga menjadi kebanggaan pemerintah dan masyarakat,” ujar I Wayan saat penutupan kegiatan tersebut.

Namun, ujar I Wayan, pihaknya menyampaikan permohonan maaf kepada peserta karena turnamen dan dapur umum sempat terhenti sehari karena bertepatan dengan hari libur nasional peringatan Kenaikan Isa Al-Masih.

“Hari (Jumat, 10/5) ini kita sudah sama-sama melaksanakan pertandingan voli dan dapur umum. Namun, saya mohon maaf karena pada Kamis (9/5) sempat berhenti mengingat bertepatan Kenaikan Isa Al-Masih. Saya bangga karena peserta menjunjung tinggi sportivitas selama turnamen berlangsung,” ujar I Wayan.

Melalui turnamen tersebut, katanya, banyak bibit alami di berbagai bidang olahraga, termasuk voli kaum muda dikembangkan sehingga kelak menjadi atlet profesional yang akan mengangkat dan mengharumkan nama Deiyai, Paniai maupun Papua Tengah.

“Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Bapak Asisten III mewakili Bapak Penjabat Bupati Deiyai, Bapak Kapolres, Bapak Kepala Suku dan para tamu undangan yang berkenan hadir mulai awal hingga akhir turnamen,” kata I Wayan lebih lanjut.

Dia menambahkan, Kodim Deiyai berencana menggelar turnamen voli bekerja sama dengan Pemda Deiyai dan Paniai dengan melibatkan jumlah peserta lebih banyak dari dua kabupaten itu pada peringatan HUT RI tahun 2024.

Asisten III Setda Martinus Pakage, S.Pd mewakili Pejabat Bupati Kabupaten Deiyai Elimelek Edowai S.Sos saat menutup acara tersebut mengapresiasi Kodim Deiyai yang menggagas turnamen dan dapur umum dalam rangka memeriahkan HUT ke-61 Kodam XVII/Cenderawasih tahun 2024.

“Mewakili Pemerintah Kabupaten Deiyai saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Dandim 1703/Deiyai dan seluruh keluarga Kodim Deiyai yang telah menyelenggarakan turnamen dan dapur umum untuk ikut membantu Pemda Deiyai membina potensi bibit atlet lokal di bidang olahraga bola voli,” ujar Martinus Pakage.

Dia berharap, melalui turnamen bola voli intensitas pembinaan dan penyelenggaraan turnamen cabang olahraga lainnya di masa depan khususnya di Deiyai terus ditingkatkan melalui kerja sama kolaboratif.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada aparat keamanan, para pemuda yang telah bekerja sama menjaga keamanan dan ketertiban sehingga turnamen berjalan dengan lancar dan aman hingga selesai,” ujar Martinus lebih jauh.

I Wayan menambahkan, dalam turnamen bola voli pemenang memperoleh trophy dan hadiah bervariasi. Juara I diraih Tim Dabuki dan berhak atas uang pembinaan sebesar Rp 5.000.000. Juara II diraih Tim Doamo A dan berhak atas uang pembinaan sebesar Rp 3.000. 000. Kemudian Juara III diraih Tim Odiyai A memperoleh uang pembinaan sebesar Rp 2.000.000.

Selain itu, Juara Harapan I diraih Tim Yuguwo sebesar Rp 1.000.000, Juara Harapan II Odiyai B sebesar Rp 1.000.000 dan Juara Harapan III Yuguwo B meraih uang pembinaan Rp 1.000.000. Total uang pembinaan turnamen bola voli sebesar Rp 13. 000.000.

“Kami bergerak dengan kemampuan anggaran kecil namun berarti untuk ikut memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Kami mulai dari pedalaman Papua, tempat matahari terbit pertama kali. Bola voli merupakan salah satu olahraga rakyat merawat persaudaraan sesama anak bangsa yang sangat mencintai kearifan lokal,” kata I Wayan.

Dalam kesempatan itu, hadir juga Kapolres Deiyai Kompol I Made Suartika, SIP, Kasdim 1703/Deiyai Mayor Inf Elihud Krey, Pasi Ter Dim 1703/Deiyai Kapten Inf Mahmudi, Pasi Pers dim 1703/Deiyai Kapten Inf Suroto, dan Wakapolres Deiyai AKP Supyanto, SH.

Selain itu, hadir Danki Satgas 527/By Pos I Waghete Lettu Inf Nurhadi, Danunit Kodim 1703/Deiyai Letda Czi Andika Lucky Sudarto, Ketus LMA sekaligus Kepala Suku Mee Deiyai Frans Motte, Danpos Mandala IV Deiyai Letda lnf Suhari Bagas, Kepala Suku Mee Distrik Tigi Josep Mote, dan lain-lain. (*/che)

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *