Mgr Hironimus Pimpin Misa Pontifikal, Tunjuk Romo Kris Saku Jadi Vikjen

by -267 views
CREATOR: gd-jpeg v1.0 (using IJG JPEG v80), default quality?

Uskup Agung Kupang Mgr. Hironimus Pakaenoni memimpin misa pontifikal di Gereja Katedral Kristus Raja Kupang.

KUPANG, mediantt.com – Uskup Agung Kupang, Mgr. Hironimus Pakaenoni memimpin misa pontifikal pada Jumat, 10 Mei 2024 di Gereja Katedral Kristus Raja Kupang.

Pada homilinya Mgr. Hironimus Pakaenoni menegaskan bahwa motto episkopalnya yakni Pasce Oves Meas atau “Gembalakanlah domba-dombaKu” yang dikutip dari injil Yohanes.

Menurut Mgr Hironimus, perjalanan Rasul Petrus dan juga Paulus, dua tokoh yang dengan kekurangan dan kelebihannya menjadi murid Yesus. Kisah perjalanan iman Rasul Petrus dan Paulus menjadi awal dari permenungan panggilan Yesus kepada kedua muridnya ini untuk memberitakan injil dan kasih Tuhan.

“Hanya dengan menjadi murid Yesus kita menjadi sahabat dan mendapatkan kasih yang tidak berkesudahan dari Yesus. Banyak hal dalam hidup kita yang dapat ditunda, tetapi tidak dalam hal mengikuti Yesus. Tidak ada ruang bagi kebimbangan dan keraguan,” ujarnya.

Hanya dengan mengenal Tuhan, lanjut Mgr. Hironimus Pakaenoni, kita bisa menjadi murid dan sahabatnya. “Untuk melepaskan diri dari garansi manusiawi, kita perlu menjadi manusia baru setiap saat. Kita menyadari bahwa segalanya, tidak bergantung pada kekuatan dan daya kita sendiri. Itulah juga tugas yang diberikan kepada saya, anda dan kita semua. Kita berusaha menjadi murid Tuhan dan pelayan injil yang sempurna. Hanya dengan ini kita bisa menjadi partner yang solid bagi siapa saja. Gereja adalah tempat perjumpaan kita dengan Allah, dan satu sama lain,” jelas Mgr Hironimus.

Pada misa perdana ini, sambung Mgr. Hironimus, semua umat diajak untuk menjadi murid Yesus yang rendah hati.

“Misa perdana ini kita diajak terus menjadi murid atesus yang rendah hati, setia berjalan dalam kebersamaan, persaudaraan, dan kesalehan. Bersedia membagi hidup mereka dengan cinta kasih. Kita perlu terus dibebaskan, dan mendapat kekuatan dalam kehadiran Allah. Kiranya Yesus sang guru dan gembala baik, memampukan kita mengabdikan diri kita dan semua mereka yang dipercayakan,” tegasnya.

Misa diikuti oleh imam dan ribuan umat yang datang dari berbagai daerah. Usai perayaan misa, umat dan keluarga dizinkan berfoto bersama para imam, para uskup, dan Uskup Agung Kupang Mgr. Hironimus Pakaenoni.

RD Kris Saku Jadi Vikjen

Di akhir misa pontifikalnya, Mgr Hiro Pakaenoni menunjuk RD Krispinus Saku sebagai Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Agung Kupang.

Mgr Hironimus mengatakan, setelah mendapat masukan dari berbagai pihak, terutama dari Uskup Emeritus Mgr Petrus Turang, maka Romo Krispinus Saku dianggap layak menempati jabatan tersebut.

“Setelah saya mendapat masukan dari berbagai pihak, termasuk dari Emeritus sendiri, saya memutuskan untuk mengangkat Romo Krispinus Saku sebagai Vikjen Keuskupan Agung Kupang,” ujar Mgr Hironimus disambut tepuk tangan umat yang hadir.

Mgr Hironimus mengucapkan terima kasih kepada RD Krispinus karena telah bersedia mengemban tugas tersebut. Selain itu, Mgr Hironimus mengucapkan terima kasih kepada RD Gerardus Duka atau yang akrab disapa Romo Dus.

“Saya berterima kasih kepada teman saya Romo Dus, atas pengabdiannya sebagai Vikjen Keuskupan Agung Kupang,” ucap Mgr. Hironimus.

Usai perayaan pontifikal ini, Mgr. Hironimus mengatakan akan mengikuti sidang Konferensi Waligereja Indonesia di Jakarta. (*/pkc/che)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *