Dinkes Gelar Imunisasi Massal bagi Bayi dan Balita di PIN, drg Retnowati: Targetnya 12 Ribu Anak

by -86 views
CREATOR: gd-jpeg v1.0 (using IJG JPEG v62), quality = 82?

drg Retnowati

KUPANG, mediantt.com – Sabtu 18 Mei 2024, digelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN). Di Kota Kupang, pelaksanaan PIN ini dilakukan di arena Car Free Day (CFD), di bilangan Jln El Tari Kupang. Saat itu, Dinas Kesehatan Kota Kupang menggelar imunisasi massal bagi bayi dan balita.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg Retnowati menjelaskan, sebanyak 12 ribu bayi dan balita menjadi target dari sasaran imunisasi lengkap pada Pekan Imunisasi Nasional tahun 2024, tingkat Kota Kupang, yang dipusatkan di arena CFD.

“Kita merayakan momentum PIN dengan pemberian imunisasi secara massal bagi bayi dan balita, yang belum terlayani imunisasi, dari target capaian 12 ribu anak,” jelas drg Retnowati.

Menurut dia, berdasarkan data Survei Kesehatan Indonesia (SKI), jumlah proyeksi bayi balita sebanyak 29,9 persen, dan sasarannya dari 8 ribu bayi balita naik menjadi 12 ribu anak bayi dan balita di Kota Kupang.

“Jadi seluruh imunisasi dasar dilayani di Car Free Day sini. Selain itu ada juga pelayanan skrining dan lainnya,” kata Retnowati.

Dia juga menjelaskan, di kesempatan PIN tahun 2024 ini, pihaknya menyediakan 14 jenis antigen bagi bayi dan balita yang belum terjangkau atau mendapatkan imunisasi di Posyandu maupun fasilitas kesehatan (Faskes) lainnya.

“Selain pemberian imunisasi massal, kegiatan tersebut juga memberi pelayanan skrining atau cek kesehatan bagi para pengunjung di arena CFD,” sebut drg Retnowati.

Seperti disaksikan mediantt.com di arena CFD, Sabtu (18/5), poskoh PIN 2024 ini disediakan perisis di depan Kantor Bank Indonesia Perwakilan NTT. Berjejer dibawah tenda bertuliskan Bank NTT, ada poskoh imunisasi dari Puskesmas Oepoi, Puskesmas Sikumana, Puskesmas Kelapa Lima dan lainnya.

Tampak para orang tua antri menunggu giliran untuk imunisasi bagi bayi dan balita. Semua sabar menanti hingga iminusisasi massal itu selesai di pukul 09.30 Wita. Para petugas medis dari beberapa Puskesmas itu dengan telaten melayani atau memberikan imunisasi bagi bayi dan balita. Usai menerima imunisasi, bayi dan balita itu mendapat sebutirr telur rebus dan susu dos ukuran kecil. (*/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *