Pemkot Kupang Segera Memiliki Labkes Berstandar Biosafety Level 2

by -118 views
CREATOR: gd-jpeg v1.0 (using IJG JPEG v62), quality = 82?

drg Retnowati

KUPANG, mediantt.com – Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg Retnowati, mengatakan, dalam tahun Anggaran 2024 ini, Pemkot segera memiliki Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) dengan standar Biosafety Level-2 (BSL-2).

Kepada wartawan di Kupang, Rabu (13/6/2024), drg Retnowati menjelaskan, laboratorium yang dibangun dengan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Kesehatan sebesar Rp 6 miliar itu, nantinya akan melayani pasien dengan berbagai jenis pemeriksaan kesehatan.

Menurut dia, Labkesda yang rencananya dibangun di Jalan Veteran ini merupakan pengembangan dari UPTD Laboratorium Lingkungan milik Pemerintah Kota Kupang yang sudah ada sebelumnya.

“UPTD Laboratorium ini sebelumnya hanya melakukan pemeriksaan terhadap makanan siap saji dan air minum, kita kembangkan jadi Laboratorium Kesehatan Daerah. Sehingga nantinya akan ada layanan pemeriksaan lainnya termasuk untuk pasien,” kata drg Retnowati.

Dia juga mengatakan, dengan Labkesda ini masyarakat memiliki lebih banyak opsi dalam pemeriksaan kesehatan dan juga akan berdampak pada pendapatan asli daerah (PAD) Kota Kupang.

Selain Labkesda, jelas drg Retno, Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Kesehatan juga tengah membangun Regional Maintenance Center (RMC).

Kata dia, RMC merupakan unit yang melakukan uji fungsi dan perbaikan peralatan kesehatan.

“Sudah ada visitasi dari Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes terkait izinnya dan masih ada yang perlu dilengkapi, termasuk tenaga teknis yang profesional,” jelasnya.

Dia juga meyakini bahwa dengan adanya RMC, nantinya juga akan menjadi sumber PAD Kota Kupang. “Karena kita bisa kerja sama dengan rumah sakit yang ada di Kota Kupang dan fasilitas kesehatan di kabupaten lainnya, karena di kabupaten lain belum ada,” katanya. (st)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *