Laka Lena Bertekad Bangun Pustu di Semua Desa, Usulan Tiga Puskesmas Jadi Prioritas

by -69 views

Melki Laka Lena pose bersama peserta sosoalisasi kesehatan primer di Larantuka.

LARANTUKA, mediantt.com – Wakil Ketua Komisi IX DPRI RI, Melkiades Laka Lena, telah bantu mengaktifkan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Adonara, juga berjuang menghadirkan Rumah Sakit Pratama di Solor. Dalam kunjungan kerja ke Flores Timur kali ini, politisi Golkar ini bertekad akan membangun Puskesmas Pembantu (Pustu) di setiap desa di Flores Timur. Namun yang jadi agenda prioritas adalah usulan pembangunan tiga Puskesmas di Flores Timur.

Tiga Pusksesmas usulan itu adalah Puskesmas Latonliwo, Puskesmas Adonara Barat Pegunungan, dan Puskesmas Ile Boleng Timur di Desa Gayak.

Komitmen untuk memajukan layanan kesehatan di Flores Timur ini dingkapkan Melki Laka Lena ketika bersama jajaran Kementrian Kesehatan RI menggelar Advokasi dan Sosialisasi Pelayanan Kesehatan Primer bersama masyarakat dan para tenaga kesehatan, di Gedung OMK Keuskupan Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Kamis (20/6/2024).

Melki Laka Lena menjelaskan, pelayanan kesehatan adalah ujung tombak dari kita mencegah agar orang tidak sakit dan tetap sehat. “Kita memperkuat di posyandu, pustu, klinik, puskesmas dan teman-teman nakes juga kita dorong untuk betul-betul masuk ke lapangan dari rumah ke rumah di berbagai komunitas masyarakat sehingga masyarakat itu tahu cara mencegah sakit, meningkatkan kesehatannya dan bisa menggunakan semua fasilitas pelayanan primer yang disiapkan,” sebut Melki Laka Lena.

“Jadi kita dorong agar orang tidak sakit, tetapi masyarakat kita tetap sehat dan tahu menggunakan berbagai layanan kesehatan dengan baik,” ujarnya menambahkan.

Melki Laka Lena juga menegaskan, seluruh Kabupaten di NTT yang punya tiga Rumah Sakit Pemerintah hanya di Flores Timur. “Saya pikir, satu-satunya kabupaten di NTT yang memiliki tiga Rumah Sakit hanya ada di Flotim. Itu bagian dari komitmen kami untuk mendorong agar di Nagi ini semua pulau itu punya Rumah Sakit yang bisa membantu masyarakat,” katanya.

Selain itu, usulan untuk pembangunan tiga Puskesmas di Flotim akan menjadi agenda perjuangannya. “Kami perjuangkan dan saya pasti bantu di ujung terakhir pengabdian saya sebagai Wakil Ketua Komisi IX DPR RI. Ini saya pastikan bahwa, mudah-mudahan tidak ada halangan dan persoalan sehingga tiga Puskesmas ini bisa dibangun tahun depan,” katanya.

“Di luar itu juga Pustu nanti ada di desa-desa atau gabungan desa, sekarang baru enam, dan saya akan perjuangkan itu agar makin banyak Pustu di seluruh desa atau gabungan desa di Flores Timur,” katanya menambahkan.

Turut hadir saat itu Ketua Tim Kerja Perijinan dan Registrasi Fasyankes Primer Kemnkes RI, dr. Naneu Retna Arfani dan tim serta Kadis Kesehata Flotim dr. Ogie Silimalar serta 600-an peserta kegiatan. (llt/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *