Ada Campur Tangan Melki Laka Lena Dibalik Sukses Drifter Muda NTT Umbu Gillberth Kabunang

by -232 views

Drifter Muda NTT Umbu Gillberth Kabunang sedang melakukam selebrasi.

SENTUL, mediantt.com – Kejurnas Drift Championship 2024 yang digelar di Sentul Otopark, 22-23 Juni 2024, menjadi milik drifter muda berusia 17 tahun asal NTT, Umbu Gillberth Kabunang. Sebab, setelah menjadi juara satu di Round I yang digelar Sabtu (22/6/2024), Umbu Gillberth kembali menempati posisi puncak setelah menyisihkan 15 drifter lain di Round 2 Kejurnas tersebut. Bahkan, drifter kompetitornya yang punya pengalaman 20 tahun menjadi drifter dan pernah menjadi juara dunia Emmanuelle Adwitya Amandion berhasil dikalahkan.

Kejurnas Drift Championship ini merupakan garapan Belklo Motorsport Championship yang digelar selama empat seri. Untuk seri pertama dihelat di Sentul Otopark by Belklo selama dua ronde, Sabtu-Minggu (22-23 Juni 2024). Ada tiga kategori yang diikuti, yakni Pro, Pro 2, dan New Gen. Kelas Pro tentu paling menarik diikuti mengingat empat drifter yang turun adalah mereka yang berpengalaman dan punya nama besar.

Nama beken Umbu Gillberth Kabunang sudah melejit sejak beberapa tahun terakhir. Pasalnya, putra sulung pasangan Dr. Umbu Kabunang Rudiyanto dan Wiwiek Nawa Sondagi itu teruji dan menantang para jagoan drift Tanah Air seperti Emanuelle Amandio, Firenze Akello, dan Rocca Schwarz.
Skill tarung yang dimiliki Umbu Gillberth berkat dukungan penuh sang ayah Dr. Umbu Kabunang Rudiyanto yang adalah Direktur Hukum IMI Pusat.

Selain itu Umbu Gillberth didukung pula oleh Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena. Melki Laka Lena adalah politisi Senayan asal NTT. Ia bangga karena Umbu Gillberth mengharumkan nama NTT di ajang Kejuaraan Nasional.

Ketua IMI NTT Bangga

Ketua IMI NTT, Gavriel Novanto yang dihubungi SelatanIndonesia.com, Senin (24/6/2024) mengaku bangga dengan capaian gemilang yang ditorehkan Umbu Gillberth Kabunang di Kejurnas 2024. “Sebagai ketua IMI NTT saya ucapkan selamat kepada Umbu Gillberth. Kami sangat bangga terhadap prestasi Umbu Gillberth putra NTT yang membanggakan masyarakat Sumba khususnya Sumba Timur,” ujar Gavriel Novanto melalaui pesan WhatsApp.

Gavriel Novanto berharap, prestasi Nasional yang digapai Umbu Gillberth bisa menjadi contoh yang baik untuk putra-putri NTT yang lain. “Kedepan Umbu Gillberth bisa lebih aktif juga mementorkan pembalap lain dari NTT. Tetap berjuang, jangan patah semangat, terus raih prestasi dan jangan lupa untuk memberi contoh yang baik untuk anak-anak atlet di NTT,” ujarnya.

Politisi muda Golkar yang berhasil meraih satu kursi di DPR RI dari Dapil NTT 2 pada Pemilu Legislatif Pebruari 2024 lalu ini, berpesan kepada drifter muda NTT yang lain agar tetap semangat dan terus berlatih. “Karena Umbu Gillberth telah membuka jalan dan bisa membuktikan bahwa anak-anak NTT bisa berprestasi di Tingkat Nasional. Tinggal kerja keras, jangan patah semangat,” ujar Gavriel Novanto.

Untuk diketahui, persaingan ketat sudah terjadi sedari sesi kualifikasi Kejurnas 2024. Umbu Gillberth mendapatkan Qualifier dengan 79,20 points dalam ronde pertama, Sabtu (24/6/2024).

Di babak 16 besar, dia mengalahkan Alvito Hardiato dari Belklo Racing Team. Masuk di babak 8 Besar, Umbu menyikat drifter Belklo lainnya yakni Amirul Taufek asal Malaysia. Masuk di babak empat besar, lagi-lagi drifter Belklo Racing Team ditaklukkan Umbu Gilberth Kabunang. Kali ini giliran Rocca Schwarze yang disikat sebelum masuk ke final menghadapi Firenze Akello dari Team Mechanic Guys.

Dilansir dari bola.com, Umbu Gillbeth akhirnya tampil sebagai pemenang di ronde pertama. Modal bagus untuk Umbu menatap ronde kedua yang digelar, Minggu (23/6/2024). Umbu Gillberth senang sekali karena berhasil menyudahi puasa kemenangan lebih dari setahun lamanya. Banyaknya problem di mobil menghambat laju drifter muda tersebut.

“Puji Tuhan, Umbu sangat senang dengan pencapaian kali ini. Karena sudah hampir setahun lebih tidak pernah podium karena kendala mobil. Terima kasih kepada Jajang Motorsport Crew, Coach Danny Ferdito, dan semua orang yang selalu mendukung dan mendoakan Umbu,” ujar Umbu Gillberth.

“Umbu sangat puas, akan berusaha untuk mendapatkan juara di lomba selanjutnya dan mempertahankan posisi pertama Kejurnas Standing Points sampai akhir tahun. Saya mengharapkan dukungan doa dari seluruh Masyarakat NTT agar bisa menjuarai lagi kejauaraan lainnya dan round lanjutan nanti, untuk membawa nama besar IMI NTT,” tambah dia.

Bahkan Umbu Gillberth ingin membawa Seven Speed Motorsport jadi tim drifting terbaik di Indonesia. (llt/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *