Peringati HUT Bhayangkara ke-78, Polres Lembata Tanam 1000 Anakan Pohon Bakau

by -160 views

LEWOLEBA, mediantt.com – Menyongsong HUT Bhayangkara ke-78, pada 1 Juli 2024, Polres Lembata melakukan kegiatan penanaman 1000 anakan pohon Bakau di Pantai Barat Rayuan Kelapa, Kelurahan Lewoleba Utara, melibatkan Pemerintah Daerah Kabupaten Lembata, Kamis (27/6).

Pantauan media, seluruh petinggi Polres Lembata hadir. Plt. Kapolres Lembata, AKBP Hendra Dorizen dan Wakapolres, Kompol Basith Algadri, terjun langsung memimpin aksi tersebut.

Sejumlah jajaran petinggi Polres Lembata juga tampak hadir. Selain itu, personil Polsek se-Lembata dilibatkan dalam kegiatan penanaman pohon Bakau ini.

Pejabat Bupati Lembata, Paskalis Ola Tapo Bali, yang diundang berhalangan hadir karena Rabu malam mengikuti Paripurna di DPRD. Ia diwakili oleh Plt. Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Donatus Boli. Ketua DPRD, Petrus Gero terlihat hadir juga dalam kegiatan tersebut.

Terlihat juga, personil TNI, unsur Forkopimda dari Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri dan personil Kementerian Perhubungan.

Sebelum penanaman pohon Bakau, personil Polres Lembata melakukan apel cek kesiapan pasukan, dipimpin oleh Iptu Marjuni, Kapolsek Nubatukan.

Setelah itu, dilanjutkan dengan acara seremonial pembukaan. Pada acara seremonial ini Plt. Kapolres Lembata, AKBP Hendra Dorizen menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang ikut menanam pohon Bakau.

Kapolres menjelaskan, aksi ini selain bentuk kepedulian Polres Lembata terhadap kondisi alam dan lingkungan, juga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Kepolisian Republik Indonesia yang jatuh pada 1 Juli 2024.

Kapolres Lembata, AKBP Hendra Dorizen mengatakan, selama 78 tahun mengabdi, insan Bhayangkara selalu memberikan yang terbaik buat melayani masyarakat.

“Dalam usia yang ke-78 tahun ini, kalau kita manusia sudah usia yang cukup, cukup matang sekali. Kami sebagai pelindung, pengayoman dan pelayan masyarakat, sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang sekaligus penegakan hukum, mungkin dalam kesempatan ini juga ada hal-hal dalam kami melayani masyarakat, memberikan perlindungan dan pengayoman, mungkin belum maksimal, belum sempurna, karena kesempurnaan adalah milik Allah Subhana wata Allah,” tegas AKBP Hendra Dorizen.

Dia juga menegaskan, dalam menyongsong HUT Bhayangkara ke-78, ada beberapa kegiatan yang dilakukan. Salah satunya adalah bakti sosial dan bakti religi di tempat-tempat ibadah.

Selain itu, di bidang olahraga, diadakan juga lomba voli dan lomba dayung. Rencananya event olahraga ini akan diadakan kembali pada perayaan HUT RI 17 Agustus 2024.

Hal ini, menurut Kapolres, dilakukan untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat luar Lembata bahwa di Lembata semuanya solid. Semuanya kompak menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif apalagi menghadapi Pilkada serentak pada November 2024.

Di momen ini juga dia berkesempatan memberikan penghargaan kepada 3 pelajar berprestasi, yakni: Agustinus Yogi, SMP Negeri 4 Omesuri, Afika Rahmadani Riski Sarabiti, dari Madrasah Ibtidaiyah Swasta, Kedang, dan Hamida Ero, SMU PGRI Swastika Lewoleba. Ketiganya merupakan siswa-siswi berprestasi.

Plt. Kapolres Lembata juga menyerahkan bantuan pangan berupa bibit jagung kepada Paulus Dai Liman, Petani Waima, Desa Wuakerong, Kecamatan Nagawutung.

Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan aksi penanaman pohon Bakau di bibir pantai sekitar area pelabuhan laut Lewoleba. Aksi ini dipimpin langsung oleh Plt Kapolres Lembata, AKBP Hendra Dorizen dan Wakapolres, Kompol Basith Algadri.

Kapolres bersama Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Donatus Boli, Ketua DPRD, Petrus Gero dan unsur Forkopimda Kabupaten Lembata bersama personil Kepolisian dan TNI serta tokoh masyarakat secara bersama-sama melakukan aksi tanam anakan pohon Bakau. (baoon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *